JALAN-JALAN SAMBIL BELAJAR SEJARAH DI MUNASAIN BOGOR - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Saturday, 21 September 2019

JALAN-JALAN SAMBIL BELAJAR SEJARAH DI MUNASAIN BOGOR


Sebagai generasi millenials, jalan-jalan adalah suatu kebutuhan yang harus terpenuhi. Entah itu setiap bulan, setiap pekan, atau bahkan setiap hari. Oh iya, jalan-jalan cerdas bagi generasi millenials adalah jalan-jalan yang low budget, tapi bermanfaat. 

Indonesia ini keren banget loh, guys. Punya banyak destinasi wisata mulai dari yang mahal, sampai yang gak perlu modal. Semua tempat wisatanya, menurutku punya nilai edukasi masing-masing yang sayang banget kalau dilewatkan.

Nah, kali ini aku mau cerita salah satu tempat wisata di Bogor yang super murah tapi enggak murahan. Namanya adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Biar simple, disingkat jadi Munasain. 

Munasain terletak di Kota Bogor bagian tengah. Berseberangan langsung dengan Kebun Raya Bogor dan Istana Presiden.

Museum yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) ini awalnya bernama Museum Etnobotani (Ethnobotanical Museum). Berdiri sejak tahun 1982, namun pada tahun 2016, namanya diubah menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Setiap pengunjung dikenakan tiket seharga Rp5.000. Menurutku sih, ini mumer banget.

Lalu ... ada apa saja sih, di Munasain Bogor ini? Tahan nafsu ya, Guys! Tempat ini bikin khilaf. Bawaanya pengin foto terus. 

Oh iya, kenalin ... akan ada tiga model yang bakal sering muncul di postingan ini. Pertama, yang berkaos hitam dan pakai topi namanya Ilyas, temanku dari Makassar. Sedangkan yang pakai jaket merah namanya Jalu, teman SMPku yang tinggal di Pare. Lalu yang terakhir adalah aku sendiri. 


Spot pertama yang ada di Munasain adalah lorong sejarah. Ada banyak sejarah dan informasi yang disuguhkan di bagian ini. Mulai dari sejarah Bogor, Kebun Raya, sampai sejarah Munasain sendiri.


Nah, makin kita masuk, makin banyak informasi yang disuguhkan. Oh iya, walaupun sudah didirikan sejak tahun 80-an, tampilan bangunan ini kelihatan anak muda banget loh.


Munasain juga memberikan informasi lengkap mengenai rempah-rempah yang ada di Indonesia. Aku enggak akan memberi tahu secara detail mengenai informasi yang disampaikan di tempat ini. Jadi, silakan langsung datang supaya tahu. 


Sejarah geologi juga ditampilkan di Munasain.


Lengkap! Munasain juga menyediakan buku-buku lawas yang tersimpan rapi di dalam ruangan.


Selain buku-buku lawas, ada juga peralatan laboratorium di ruangan tersebut.


Setelah itu, ada juga bagian yang khusus menampilkan kebudayaan daerah di Indonesia. Mulai dari peralatan rumah tangga, hingga pakaian adatnya.



Nah, ada lagi nih ... kita akan tahu lebih dalam tentang Biofarma di panel ini.


Terakhir, kita bisa kasih pesan dan kesan yang didapat selama berkunjung di Munasain Bogor melalui pohon kebaikan.

Sebenarnya, masih ada lantai dua di Munasain. Tapi kebetulan saat itu tangga sedang ditutup, mungkin tengah dalam proses perbaikan.


Bagaimana, sudah kepengin berkunjung atau belum, nih? Kendaraan buat sampai ke Munasain juga gampang banget kok. Dari stasiun Bogor, hanya berjarak ±1 Km.

INFO PENTING!
Lokasi: Jl. Juanda No. 24 Bogor
Jam Operasional: Senin-Jumat (08.00-16.00 WIB), Sabtu-Minggu (09.00-14.00 WIB)

40 comments:

  1. anak muda unik nih jalan-jalan ke museum. mantap, bro bro.

    ReplyDelete
  2. Pingiiin ...
    Eh ternyata temenan d dunia nyata sama bang Jalu y 😊👍👍

    ReplyDelete
  3. wah mantap, lengkap nih infonya, jd pengen jalan-jalan hehe

    ReplyDelete
  4. Tiketnya mahal mau kesana 😁

    ReplyDelete
  5. Penen jalan-jalan oom😥

    ReplyDelete
  6. Eh keduluan sama orang Pare saya dari Sukabumi belum tahu tuh Munasain Bogor he he he

    ReplyDelete
  7. sering lewat kalo main ke bonray :D

    ReplyDelete
  8. Wah, saya jadi tahu ada museum ini. Makasih mas

    ReplyDelete
  9. Wah jadi pengen kesana, nambah ilmu banget tuh, semangat kak

    ReplyDelete
  10. Wah... destinasi baru nih kalo ke bogor...
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya mas luthfi.. Deket dr jakarta..

    ReplyDelete
  12. Jadi ingin ke sana jg. Tq infonya mas

    ReplyDelete
  13. Thanks kk . Jd ingin berkunjung ^^

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya,... Ingin kesana.

    ReplyDelete
  15. Pengen jalan" tapi apa daya gak ada uang

    ReplyDelete
  16. Makasih infonya ya kak aku baru tau ada museum ini, padahal waktu itu pernah ke kebun raya bogor tapi gatau museum ini hehe

    ReplyDelete
  17. Mantuuulll baru tau saya heee

    ReplyDelete
  18. semoga suatu saat diberi kesempatan untuk kesana

    ReplyDelete
  19. baru tahu ada tempat sebagus itu di bogor. hehe, ketahuan deh tara kamana mana (ketahuan gak pernah jalan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa naik angkot. Nggk perlu jalan2, Mas ...

      Delete

Pages