TERIMA KASIH RCO - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Thursday, 17 May 2018

TERIMA KASIH RCO



Tak terasa program Reading Challenge ODOP'3 akan segera berakhir. Aku sebenarnya merasa kurang pantas menjadi pije di program keren ini. Apalagi dulu aku gagal berlanjut pada RCO musim kedua. Pada musim tersebut, aku bahkan mengundurkan diri di pekan pertama.

Reading Challenge ODOP'3 berlangsung selama 50 hari yang dibagi dalam empat tingkat. Tiap tingkatnya selalu ada tantangan yang mengejutkan. Nah, tantangan seperti itulah yang sulit kami ciptakan. Mulai dari takut terlalu mudah hingga terlalu susah. Akhirnya, sambil berjalan, kami mencoba mengeluarkan ide kami untuk membuat tantangan-tantangan tersebut.

Tingkat pertama dan kedua berlangsung selama sembilan hari. Tugasnya pun masih belum terlalu susah. Tugas tingkat pertama adalah membaca buku bebas, serta menulis alasan bergabung bersama RCO. Tingkat kedua membaca buku fiksi, kemudian membuat tulisan yang isinya adalah cerita fiksi tersebut seakan-akan ada dalam kehidupan kita. Itu saja.

Tingkat ketiga dan keempat berlangsung selama 40 hari. Mulai tingkat ketiga inilah aku mencoba melakukan konsultasi kepada Mbak Hiday, karena Mbak Hiday-lah yang memunculkan ide Reading Challenge di ODOP pertama kali. Setelah melakukan konsultasi itu, akhirnya muncullah ide untuk membuat tugas selanjutnya. Tugas tingkat ketiga adalah membaca novel yang telah diangkat ke layar lebar dan mendapat penghargaan, kemudian menganalisisnya. Sedangkan tugas keempat adalah membuat resensi dari buku bahasa asing dan membuat sinopsis dari buku biografi tokoh di Indonesia dalam bentuk puisi.

Jika peserta sudah melalui empat tingkatan tersebut, maka mereka dinyatakan lulus dari program RCO'3 ini. Selain itu, ada empat buku yang akan kami berikan kepada empat peserta terpilih. Buku tersebut adalah novel Masih Ada dan Antologi Pendidikan Mutiara Hitam dari Papua. Sedangkan dua lainnya adalah sumbangan dari Mbak Hiday berjudul 'Perempuan dalam Pusaran Kehidupan' dan 'Sahabatku Inspirasi Menulisku'.

Buku pertama untuk peserta dengan poin tertinggi di RCO'3. Buku kedua untuk peserta dengan jumlah halaman membaca terbanyak. Buku ketiga untuk peserta yang paling sering memberikan interaksi terhadap tugas dari peserta lain. Interaksi tersebut tentunya berupa kritik, saran, maupun penilaian darinya. Sedangkan buku yang keempat untuk peserta terfavorit menurut kami. Sebenarnya aku juga sudah pesan dua buku antologi nonfiksi ODOP terbaru  yang judulnya 'Ternyata Aku Bisa Menulis'. Satu buku untukku sendiri, satunya lagi aku rencanakan untuk hadiah di RCO juga jika, dia datang sebelum tanggal 20 ini. Jika lewat dari tanggal tersebut, mungkin di lain waktu akan ada acara/program dengan buku tersebut sebagai hadiahnya.

Harapanku semoga semangat membaca kami dan teman-teman semua akan terus ada walaupun RCO sudah berakhir. Ke depannya aku ingin program RCO ini dibuka untuk umum. Jadi bukan hanya anggota ODOP saja yang bisa ikut, tetapi mereka yang bukan anggota juga bisa. Sehingga kesempatan itu bisa untuk membranding ODOP. Untuk pije selanjutnya, semoga bisa belajar dari RCO'3 ini. Mungkin yang kurang bagus, bisa dibuang, yang terlihat bagus, bisa dilanjutkan.

Terakhir, terima kasih kepada teman-teman yang sangat antusias terhadap RCO'3 ini. Mohon maaf apabila selama menjadi pije kurang memuaskan. Sejujurnya, berkat RCO inilah aku baru mulai merutinkan aktivitas membacaku.


Asrama Rumah Muda, 1 Ramadhan 1439.



#Onedayonepost
#RCO
#Tugaslevel4
#odop

21 comments:

  1. Adminnya sudah best kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi semoga memang seperti itu ya mbak :D

      Delete
  2. Like this. Bisa lulus saja saya sdh alhamdulillah. Soal hadiah tidak begitu saya tolak. Dapet sukur gak dapet nasib.

    ReplyDelete
  3. PJ RCO-3 udah keren banget kok, banget-bangetlah kerennya (y)
    Aamiin. semangat membaca, semangat RCO ^_^

    ReplyDelete
  4. Pijenya lucu, masih krucil lagi 😁soal hadiah, ya ngarep lah ..📚

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi kalo nggak dapet jangan mewek ya Mbak Mur

      Delete
  5. Pijenya selamanya. Yeayyyyyy.

    ReplyDelete
  6. Untuk pertama kalinya mampir ke runah maya pije RWCODOP2018,dan baca tulidan ini semakin ingin segera terangkut jadi bagian dari odop

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, tunggu pendaftaran selanjutnya ya :)

      Delete
  7. Yaah adik-adik PJ nih udah lumayan lincah kok. Cepat tanggap sama semua komplain laporan.

    Makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, Mbak. Maaf baru dibales, nih, Ketiduran :D

      Delete

Pages