APAKAH CUKA HARAM KARENA BAHANNYA ADALAH KHAMAR? - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Sunday, 15 April 2018

APAKAH CUKA HARAM KARENA BAHANNYA ADALAH KHAMAR?

Bukan endorse



Banyak orang yang tidak tahu ternyata hampir semua cuka bahan dasarnya adalah khamar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hukum khamar adalah haram. 

Syarat khamar menurut Imam Syafi'i ada dua, yakni (1) memabukkan dan (2) berbentuk cair. Maka jika tidak ada salah satu dari kedua syarat tersebut belum bisa dianggap khamar. Narkoba bersifat memabukkan namun bentuknya bukan cair, sehingga tidak bisa digolongkan ke dalam kelompok khamar. Namun hukumnya tetap haram. Bukan karena dia khamar, tapi ada sifat merusak yang ada pada dirinya sehingga diqiyaskan seperti khamar. Khamar selain haram, juga najis.

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah rijsun termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al Maidah: 90) 

Dari ayat ini, mayoritas ulama berdalil bahwa khamar di samping haram, juga najis. Mereka memaknakan rijsun dalam ayat tersebut dengan najis yang riil.

Khamar yang dibiarkan sangat lama, maka akan  berubah menjadi cuka. Tahukah kalian hukum yang ada pada cuka tersebut? Halal atau haramkah? Najis atau sucikah?

Ada tiga hal yang asalnya najis bisa menjadi suci, yakni:

1. Khamar tatkala berubah dengan sendirinya.
Imam Malik mengatakan, “Aku tidak suka seorang muslim mewariskan khomr lantas khomr tersebut diolah (dengan tangan) lantas menjadi cuka. Namun jika khomr tersebut menjadi cuka dengan sendirinya, maka tidak mengapa untuk disantap.”

Dari riwayat di atas dapat kita simpulkan bahwa khamar yang berubah dengan sendirinya menjadi cuka, hukumnya halal untuk dikonsumsi dan tidak najis lagi. Namun, jika perubahan tersebut disertai dengan campur tangan manusia, maka hukumnya tetap haram. Proses penghalalan ini dinamakan istihalah.

Dari Anas bin Malik, Abu Tholhah pernah bertanya pada Nabi saw. mengenai anak yatim yang diwarisi khamar. Lalu beliau mengatakan, “Musnahkan khomr tersebut.” Lalu Abu Tholhah bertanya, “Bolehkah aku mengolahnya menjadi cuka?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak boleh.” (HR. Abu Daud no. 3675. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

2. Kulit bangkai yang telah disamak.
Setiap bangkai makhluk hidup selain belalang dan ikan hukumnya haram untuk dimakan, sifatnya juga najis. Namun pengecualian pada kulitnya, jika telah disamak dan disiram air maka hukumnya adalah suci.

Menurut syariat, menyamak artinya proses menghilangkan secara total, sisa-sisa yang menempel di kulit, contohnya bulu rambut. Hukum kulit bangkai setelah disamak adalah najis mutawasitoh, sehingga harus disiram air terlebih dahulu agar bisa menjadi suci.

Hewan yang tidak bisa suci setelah disamak adalah anjing dan babi.

3. Segala hewan yang berasal dari hewan.
Contohnya adalah belatung yang berasal dari tubuh hewan, hukumnya adalah suci. Namun banyak ulama yang tidak sepakat mengenai hal ini.

Jadi kesimpulannya adalah, cuka boleh untuk dikonsumsi asalkan proses pembuatannya tidak dengan campur tangan manusia.

Wallahua'lam.
Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila masih ada kesalahan. Jika ada sumber lain yang lebih kuat, maka silahkan dipilih. 

8 comments:

  1. Kalau cuka yang beredar di toko-toko itu bagaimana,Cak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini komennya kok sama kayak bawahnya?

      Delete
  2. Kalau cuka yang beredar di toko-toko itu bagaimana,Cak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu PakDe :D tergantung cara pembuatan cukanya :) kalau ada campur tangan manusia, maka haram :) Pakai jeruk nipis, sama saja.... Wallahualam....

      Delete
  3. Kalau cuka apel gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan dia menjadi cuka dengan sendirinya, maka boleh mbak :) artinya tidak ada pengurangan, atau penambahan zat :) Wallahua'lam...

      Delete
  4. Kalau cuka kamu gimana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting cuka cama cuka aja mbak :D

      Delete

Pages