SUBSCRIBER CHANNEL YOUTUBE SAYA SUDAH TEMBUS 14.000, KOK BISA? - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Saturday, 10 March 2018

SUBSCRIBER CHANNEL YOUTUBE SAYA SUDAH TEMBUS 14.000, KOK BISA?

dokumen pribadi

Beberapa orang akan merasa senang ketika apa yang mereka inginkan, tercapai dalam waktu yang sangat singkat. Wajar, bukan?

Saya pun demikian!

Jodoh, mati, dan rezeki memang sebuah misteri yang, semua orang tidak akan tahu kapan datangnya. Itu adalah rahasia Allah. Rezeki pasti ada. Hanya saja datangnya kapan, seberapa banyak, dan dalam bentuk apa, tidak ada yang tahu kecuali Allah. Jangan silau dengan rezeki yang didapat orang lain, atau hasil yang sudah dia tuai. Semua sudah diatur dalam wadah yang seadil mungkin.

Waduh, kok malah jadi ceramah.

Jadi sebenarnya tujuan saya nulis kali ini adalah ingin berbagi kebahagiaan sekaligus kebimbangan kepada teman-teman sekalian.

Ceritanya begini...

Waktu itu, saya dan teman-teman di Rumah Muda mendapat tugas untuk membuat channel Youtube. Jujur, saya tidak tahu caranya. Lah wong sebelumnya pegang laptop saja tidak pernah. Harus menunggu punya teman nganggur. Itu membosankan.




Setelah diajari oleh salah seorang teman dengan sangat lama, akhirnya jadilah channel Youtube-nya.

"Silahkan kalian membuat video berdurasi maksimal sepuluh menit. Isinya tentang apapun, yang penting kalian sedang berbicara. Jika sudah, paling lambat besok pagi, segera upload ke channel masing-masing".

Aku kemudian membuat video pendek tentang bilal salat jumat. Dengan bantuan teman dan kamera handphone yang ala kadarnya, akhirnya tugas itu terselesaikan malam harinya. Walaupun sebenarnya, kualitas gambar yang terekam sangatlah buruk. Ada beberapa kalimat yang tidak jelas. Tapi bagiku, yang penting tugas selesai.

Tanpa disangka, ternyata viewers dari video tersebut tembus ke angka puluhan ribu. Rasanya itu seperti mendapat siraman air di tengah api yang membara. 




Beberapa teman menyuruh untuk pasang iklan di sana. Tapi saya tidak paham caranya. Sudah mencoba belajar, tapi gagal terus. Akhirnya, ya sudah, biarkan saja. Toh, tujuan dibuatnya channel tersebut hanya untuk keperluan tugas saja, tidak lebih.

Beberapa bulan setelahnya, Indonesia digemparkan oleh seorang penyanyi cilik asal Jombang bernama Sharla Martiza. Dia menyanyikan salawat pada saat mengikuti audisi kontes menyanyi. Agnez Mo yang seorang non-muslim pun tersentuh mendengar Sharla bersalawat. Akhirnya berita tentang dia menjadi viral.




Mendengar kabar itu, kemudian saya iseng untuk re-upload video tentang Sharla dari Youtube. Boleh, kan?

Dua hari kemudian, saya dapat pesan dari teman yang isinya:
"Selamat ya Bro, video kamu jadi trending 7 di Youtube".

Aku jadi penasaran, apa yang akan saya dapat setelahnya. Uang? atau apa?

"Subscriber kamu sudah seribu. Siap-siap dapat uang banyak, nih".

Sungguh, saya sangat kaget saat melihat tayangan pada channel saya sendiri. Ternyata benar, jumlah subsciber-nya mencapai seribu-sekarang sudah 14.000.

Di sisi lain, saya sangat bingung, apa yang akan saya lakukan kepada channel tersebut setelahnya. Jumlah subscriber segitu, sangatlah banyak. Kalau dibiarkan, tentu mubazir. 


Oleh karena itu, maka saya ingin minta saran kepada teman-teman sekalian tentang konten yang harusnya saya upload. Konten islamkah? atau review sesuatu? ataukah harus re-upload lagi? (jangan merekomendasikan yang terakhir, ya)

16 comments:

  1. Kalo diatas 1000 subcribe bisa monetisasi itu mas lutfi

    ReplyDelete
  2. Kalo diatas 1000 subcribe bisa monetisasi itu mas lutfi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :D tapi masih belajar caranya, dan nggk ada yg ngajari....belajar dari youtube pun nggk paham :D emang otak ini nggk nyampek buat kesitu, hehe

      Delete
  3. AlhaAlhamduli... Upload apa saja yang penting baik2...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. makan2 di warung buk erni deket lempuyangan besok kita :D

      Delete
  5. Itu gak niat jadi youtubers, tpi dikasih bekal biar jadi youtubers 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :D emang niatan dalam hidup cuma buat makan, tidur, sama buang air...selebihnya nggk ada niatan...

      Delete
  6. Dih kok kamu keren sih Mas Lut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. :D ahh pak RT saged mawon

      Delete
  7. Video video kamu main suling itu juga bagus Kali upii, tinggal kreasiin aja

    ReplyDelete

Pages