NULIS SAMBIL PROMOSI - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Monday, 23 October 2017

NULIS SAMBIL PROMOSI

Sumber : Gallery Pribadi

Gambar di atas adalah hasil dari editanku saat pertama kali memegang yang namanya Photoshop. Jangankan photoshop, laptop saja aku baru bisa pegang kalau dapat pinjaman dari teman. Itupun saat ada tugas-tugas berlevel berat dari sekolah. Tapi selama di Rumah Muda, aku dapat pinjaman laptop selama setahun.

Aku tak mungkin menyia-nyiakan pinjaman itu. Setelah mendapat pinjaman laptop, hal pertama yang aku buka adalah Youtube. Selain untuk mencari musik NDX AKA kesukaanku, aku juga membuka tutorial tentang cara-cara edit foto di Photoshop. 

Salah satu teman asramaku di Rumah Muda adalah lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan. Sehingga dia faham tentang laptop dan apa-apa saja yang melengkapinya, termasuk Photoshop. Aku banyak belajar Photoshop dari temanku yang satu ini

Jenis edit foto pertama yang aku pelajari adalah Water splash effect. Aku cari kata kunci di Youtube "
TUTORIAL EFEK WATERSPLASH COLOR PAKE PHOTOSHOP CS 6" agar segera bisa aku fahami. Ternyata cukup mudah memahaminya. Sehingga jadilah hasil editanku seperti pada gambar di atas.

Setelah watersplash color effect, aku mencoba untuk belajar tentang Low Polly effect. Kurasa jenis edit foto yang ini lebih mudah dari yang sebelumnya.







Aku tidak terlalu pandai dalam memahami Photoshop. Tetapi banyak sekali dukungan dari teman-teman sehingga membuatku makin semangat mempelajari. Jika dibanding teman-teman yang lain, aku sepertinya yang paling tertinggal dalam memahami sesuatu. 

Aku sempat mendapat tawaran dari seseorang di media sosial untuk membuatkan Kalender.

"Saya kasih DP awal Rp200.000,- bagaimana mas?" tawarnya.

"Besar sekali." Kataku terkejut.

Selama membuatkan editan foto ke teman-teman, aku belum pernah mendapat uang sebanyak itu. Bahkan aku tak pernah memberikan patokan harga untuk setiap fotonya. Mereka hanya memberi seikhlasnya, karena akupun malu jika mematok harga untuk edit foto sekelas diriku yang baru bisa sangat sedikit. Kadang ada yang memberiku pulsa Rp10.000, Rp25.000, bahkan ada juga yang hampir memberi Rp100.000.

"Tidak pak, maaf sepertinya kalau untuk membuatkan kalender saya masih belum bisa." Kataku menolak.

Sebenarnya aku menulis ini juga sekalian promosi ke teman-teman sekalian. Barangkali ada yang berminat pesan editan foto seperti di atas, hehehe. Uangnya kan lumayan bisa untuk makan sehari-hari. 

Barangkali saya bisa membantu teman-teman sekalian untuk memberikan kado kepada orang-orang spesialnya. Anda untung, saya juga untung. :)


5 comments:

Pages