SEGARNYA MANDI BARENG DI CURUG CIAMPEA BOGOR - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Wednesday, 9 October 2019

SEGARNYA MANDI BARENG DI CURUG CIAMPEA BOGOR

Beberapa waktu lalu, asrama kami kedatangan anggota baru dari Yayasan BPL Foundation Jakarta. Mereka berjumlah 12 santri. Sebagai orang lama, aku kemudian memperkenalkan Bogor kepada mereka. Walaupun aku sendiri bukan asli dari Bogor, tapi setidaknya udah sering berkeliling dari pelosok sampai kotanya, meski belum keseluruhan.

Karena tinggal di Jakarta, jadi aku rasa wisata mereka sebelumnya hanya di sekitaran gedung-gedung besar. Baiklah, akhirnya kuajak mereka meluncur ke Curug Ciampea. Curug adalah sebutan lain untuk air terjun.

Curug Ciampea berlokasi di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Tidak terlalu jauh dari kampus IPB Dramaga. Aku sengaja mengajak mereka ke curug karena menurutku lebih hemat. Selain itu, memang aku lebih terbiasa travelling ke alam.
Biaya masuk ke Curug Ciampea adalah Rp20.000 per orang. Namun waktu itu, kami hanya membayar Rp40.000 untuk lima orang. Jiwa tawar menawar kami selalu aktif ketika dompet menipis.

Curug Ciampea biasa disebut orang dengan istilah Green Lagoon, karena pada waktu tertentu airnya sangat jernih dan tampak hijau. Tempat ini sering dipakai untuk berkemah.

Sebelum masuk ke area curug, kita harus melewati jalan menanjak yang dikelilingi pepohonan pinus.
Dari tempat parkir, jarak menuju curug kira-kira 20-45 menit, tergantung berapa kali beristirahat.
Ada beberapa curug yang bisa dilihat di tempat ini. Oh iya, tak perlu cemas bermain lama di Curug Ciampea, karena banyak batu luas yang bisa digunakan untuk duduk bersantai atau bahkan salat.

Curug 1

Curug 2

Nah ... buat kamu yang pengin main ke Curug Ciampea, jangan lupa bawa makanan. Walaupun ada warung di dekat curug, tapi akan lebih nikmat makan bersama dengan menu favorit masing-masing. 

Jika berkunjung ketika weekdays, curug ini akan terasa seperti milik sendiri. Pastikan juga, cuaca saat berkunjung sedang baik. Tidak saat musim hujan, karena airnya kadang keruh. Ditambah lagi, debit air akan bertambah dan aliran air lebih deras. 

15 comments:

Pages