JANGAN TIDUR PAGI, ITU BERAT! KAMU NGGAK AKAN KUAT, BIAR SETAN SAJA - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Tuesday, 6 November 2018

JANGAN TIDUR PAGI, ITU BERAT! KAMU NGGAK AKAN KUAT, BIAR SETAN SAJA



Kita semua tentunya tahu bahwa pagi adalah waktu yang memiliki banyak keberkahan. Ada sebuah sumber yang mengatakan bahwa, “Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” 
Wow!

Rasulullah saw. bahkan berdoa kepada Allah agar umatnya senantiasa diberikan keberkahan di pagi hari, 

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Jika sudah demikian, mana mungkin kita bisa mendustakan keberkahan yang ada di pagi hari?

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di pagi hari?

1. Berzikir
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, zikir artinya adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang. Sedangkan dalam bahasa Arab sendiri, zikir berasal dari kata yazkuru-zakara-tazkara yang memiliki arti menyebut, mengucap, menuturkan.

Salah satu berkah dari berzikir adalah bisa melunakkan hati manusia. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah kutipan hadis,

“Dzikir kepada Allah akan membasahi hati dan melunakkannya. Sebaliknya jika hati kosong dari dzikir, ia akan menjadi panas oleh dorongan nafsu dan api syahwat sehingga menjadi hati yang kosong dan keras. Anggota badannya sulit (menolak) untuk diajak taat kepada Allah.” (HR at-Turmudzi)

2. Tilawah dan menghafal quran.
Pagi adalah waktu yang paling tepat bagi para penghafal quran untuk menghafal atau bermurajaah. Udara pagi yang segar membuat ingatan kita juga lebih segar. 

3. Salat duha atau syuruk.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa, 'Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh'. Sedangkan salat duha sendiri, senilai dengan 360 sedekah.

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

4. Menghindari tidur pagi.
Bukan rahasia umum lagi jika udara pagi hari sangat baik bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya banyak orang yang memanfaatkan waktu ini untuk olahraga atau aktivitas lainnya.

Maka sangat rugi bagi mereka yang menyia-nyiakan waktu ini, apalagi untuk tidur. Kecuali jika memang sedang dalam keadaan sakit. Sebab, tidur di pagi hari merupakan salah satu hal yang menyebabkan orang masuk dalam kategori fakir menurut kitab Ta'limul Muta'allim. Selain itu juga, tidur di pagi hari banyak memberi dampak negatif bagi kesehatan seperti, diabetes, obesitas, sakit kepala, depresi, dan lain sebagainya.

Sejauh ini, cara yang paling jitu untuk mengatasi rasa kantuk adalah dengan berwudu. Ketika wajah terkena basuhan air wudu, maka setan yang diciptakan oleh Allah dari api akan hilang. Semangat pagi akan bangkit kembali. Berkah pagi, tidak akan jauh dari diri. 

Insyaallah.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

42 comments:

  1. Mantap. Bikin semangat pagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi padahal sekarang sore ya, Pak.


      Terima kasih sudah berkunjung, Pak. Wah, senangnya blog saya dikunjungi Pak Parto.

      Delete
  2. Masya Allah nice post bro, smg kita dijauhkan dr tdr pagi yah agar pagi kita menjadi produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih sudah berkunjung, Mas. :)

      Delete
  3. Makan juga bisa.. makan sebelum beraktivitas biar ada tenaga, ga pingsan atau lunglai ._.v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kalau udah mateng :D kalau belum, beli jajan aja

      Delete
  4. Aku enggak pernah tidur pagi meskipun semalaman enggak tidur karena dinas malam.boro-boro tidur kerjaan rumah sudah menanti๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D nah ini nih. Harus ditiru....

      Delete
    2. Masya Allah ummu. Semoga saya juga bisa istiqomah menghindari godaan tidur pagi.

      Delete
  5. Peringatan bagi yang suka mbangkong ini. Jauh dari rizki. Kalau emak emak mbangkong, kacau dah

    ReplyDelete
  6. Hadduhh berasa tertamvar, akhir-akhir ini sering tidur lagi klo sudah terang kamar karna matahari��

    ReplyDelete
  7. Yah, gagal tidur lagi deh klo gini. Padahal niatnya mau memejamkan mata barang sejenak setelah tidak tidur beresin tulisan ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ฅ

    ReplyDelete
  8. Hwaaaa bener bangettt, kalo abis subuh tidur lagi, badan malah lemessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena memang kalau kenikmatan dunia itu hanya sesaat :D

      Delete
  9. Mantap, sangat menginspirasi, tulisannya. Walaupun kadang memang msih terjerat oleh gravitasi kasur yang begitu kuat. Hahah. Btw keren fotonya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  10. Halo Assalamu'alaikum Mas Lutfi, salam kenal ๐Ÿ˜Š. Jazakallahu khairan atas ilmu yang dibagikan. Pengingat banget ini ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Mbak Mardiah. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya :D

      Delete
  11. Keren mas Lutfi, terima kasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir juga, Mbak :)

      Delete
  12. Saya kerja malem, jadi manusia nocturnal nih mas :v

    ReplyDelete
  13. Bertebaranlah di muka bumi. Biasanya pagi kalo udah malas, seharian bakal malas mau ngapa2in. Kalo pagi sudah semangat, akan banyak hal yg bisa dilakukan hari itu. Jangan tidur waktu pagi, nqnti kena sakit kuning. Wkwk ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit kuning? kulitnya jadi kuning gitu ya? enak dong. Saya kulitnya item soalnya :D

      Delete
  14. Alhamdulillah..semanggaaatt pagiii.

    ReplyDelete
  15. Pas banget tulisannya jadi, hehehe drama abis subuh suka ngantuk

    ReplyDelete
  16. Tidur waktu pagi memang terkadang tudak bisa dihindari kalau Saya terlalu capek karena semalam kurang tidur, apalagi saat masih kks dulu, tapi saya usahakan untuk tidur setelah matahari terbit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau, lebih baik tidur beberapa menit sebelum dhuhur

      Delete
  17. Aku suka tidur pagi, kalau pulang kerja malam wkwk

    ReplyDelete
  18. Makin semangat bangun pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong2, namanya Widi Center, masih saudaraan sama Wifi center? :D

      Delete
  19. Aiiih pas banget.. ak lagi suka bobok pagi.. efek diajak begadang sama ghaaziy main hiks..

    ReplyDelete

Pages