PESANTREN RUMAH MUDA MASIH MEMBUKA PENDAFTARAN - Bakul Kopi

Bakul Kopi

Hanya penjual kopi di pinggir kali yang berusaha memperbaiki diri

Monday, 26 February 2018

PESANTREN RUMAH MUDA MASIH MEMBUKA PENDAFTARAN

dokumen pribadi


Alhamdulillah, Pesantren Rumah Muda masih membuka pendaftaran untuk angkatan kedua. Sebenarnya, pendaftaran ini, sudah ditutup sejak akhir tahun 2017 kemarin. Hanya saja, mungkin karena masih baru, jadi banyak di antara pemuda muslim di Indonesia yang kurang tahu mengenai informasi tersebut, akhirnya kuota yang disediakan masih belum terpenuhi.

Baiklah, akan aku ceritakan sedikit tentang pesantren ini. Bahwa dulunya, Rumah Muda lahir dari sebuah gagasan kecil guru kami bersama seorang pengusaha muda yang tinggal di Bogor.

Saat itu, mereka miris melihat anak-anak jalanan yang hidupnya kurang teratur dan berantakan, serta tidak punya jalan hidup yang jelas.

Proses berdirinya pun sangat singkat. Kurang dari setengah tahun. Karena bagi mereka, lebih baik menghadapi masalah di tengah perjalanan, daripada memikirkan masalah di awal, yang akhirnya membuat Rumah Muda tidak segera berjalan. Lalu, dengan modal bismillah, Rumah Muda didirikan.

Pendaftaran angkatan pertama dibuka. Sampai bulan desember 2016, pendaftar telah melebihi kuota. Akhirnya semua pendaftar diseleksi, diambil 10 orang saja. Mereka yang berhasil masuk adalah Adang Khomsin, Azzayd Elkhairy, Amtony Arifudin, Arif Kurniawan, Nandang Bachtiar, Rahmanudin, Daud, Hamzah, dan Zainuddin.

Aku? 

Aku kemudian mendapat kabar tentang Rumah Muda pada bulan Januari 2017. Pasti kalian sudah tahu dong apa alasannya. Kalau belum tahu, boleh baca disini. 

Aku bergabung ke Rumah Muda, saat program telah berjalan selama beberapa hari. Jadi, aku adalah pendaftar terakhir yang ilegal, tidak pada waktu yang diberikan. Saat itu, kebetulan Daud dan Zainuddin mengundurkan diri. Akhirnya tersisa 8 orang, yang kemudian, Hamzah juga ikut mengundurkan diri. Jadilah sisa 7 orang, termasuk aku.

Nah, seperti itulah awal Rumah Muda berdiri.

Bagi kalian, yang sekiranya telah memenuhi persyaratan, silahkan untuk mencoba. Tidak dipungut biaya sedikitpun. Persyaratan tersebut hanyalah:
- Pemuda usia 17-24 tahun
- Muslim
- Bersedia tinggal di asrama dan mematuhi peraturan
- Siap untuk tidak merokok.

Rumah Muda, aku rasa merupakan wadah yang sangat baik untuk merubah hidup pemuda muslim di Indonesia, karena:

1. di Rumah Muda, kita diajari ilmu agama.

Salah satu tujuan terbesar dari Rumah Muda kepada kami/siswanya adalah menjadikan mereka memiliki karakter yang baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ilmu agama seperti Fikih, tasawuf, akidah, dan akhlak kemudian diajarkan kepada kami.

Salah satu guru agama yang ada adalah Ustadz muda Adhli Al-Qarni, mahasiswa IPB yang juga merupakan pengurus paling muda di MUI Bogor.

2. diajarkan bisnis.


Banyak sekali pendidikan bisnis yang diajarkan. Foto di atas adalah dokumentasi kami saat mengikuti kegiatan yang diadakan oleh salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia.

3. dididik untuk menjadi penghafal Quran.

"Sudah kaya dunia, akhirat juga harus kaya," ujar salah seorang guru kami di Rumah Muda


4. diajari kemampuan desain.
                                         

Hampir dalam segala hal, desain tampilan adalah awal daripada kita menilai sesuatu. Maka dari itu, Rumah Muda membantu kami untuk menjadi tukang desain yang keren.

5. meningkatkan kehidupan bersosial


Rumah Muda, saat ini berada di sebuah rumah kecil. Kami tinggal disana, belajar, makan,mempersilahkan tamu juga disana. Rumah kecil itu berada di sebuah perumahan yang terpencil.

Tinggal di perumahan, membuat kami menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Itu yang membuat warga, kemudian mempercayai kami untuk melakukan tugas mereka.

Kami seakan-akan ditempatkan pada sebuah pengabdian seperti pada cerita novel Masih Ada karya Bang Syaiha. Mengajar anak-anak, hidup bersama masyarakat, dan saling bertukar adat.

Foto di atas adalah kegiatan saat kegiatan pesantren kilat.

Bagi kalian, barangkali, ada kerabat yang telah memenuhi persyaratan di atas, langsung saja kirim pesan kepada kami, akan kami hubungi lebih lanjut.

Memang, untuk saat ini, Rumah Muda belum bisa memberikan yang terbaik untuk santrinya. Tinggal di rumah yang kecil. Apalagi, tempat belajar dan istirahat menjadi satu. Tapi percayalah, disitu ada banyak sekali cerita yang nantinya akan menjadi kenangan. Kenangan di masa yang akan datang.

Kami yakin, nantinya, Rumah Muda akan menjadi pesantren yang besar, yang bermanfaat untuk semuanya. Aamiin.

14 comments:

  1. Ini program yang keren pake banget🙌💜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....minta doanya semoga bisa tetap berjalan :D

      Delete
  2. Program yang bagus sekali. Oia, itu pesantren khusus pemuda. Apa pemudi juga boleh ikutan gabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini, dikhususkan buat pemuda saja :) semoga di masa yang akan datang, pemudi juga bisa bergabung...minta doanya :)

      Delete
  3. Replies
    1. ihiii :D minta doanya ya, Yuk...semoga bisa istiqomah

      Delete
  4. Subhanallah. Haru saya membacanya. Semoga sukses dunia akhirat. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta doanya ya mas, semoga kami bisa istiqomah dalam membesarkannya :)

      Delete
  5. Wah mirip beastudy etos, semoga makin berkembang n bisa memberi kemanfaatan lbh luas..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....mohon doanya semoga kami bisa istiqomah dalam membesarkannya... wah, mirip beastudy etos ya ternyata :D

      Delete
  6. semoga langgeng dan makin banyak yang bergabung...

    ReplyDelete
  7. Semangat Lutfi... ,💪

    ReplyDelete

Pages